Friday, April 30, 2010

Apa itu Helikopter..?


Helikopter adalah  salah satu jenis dari pesawat terbang, yang mengangkat dan terdorong oleh  hasil putaran beberapa  rotor (propeller) horizontal besar. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat sayap-berputar  ( Rotary Wing ) untuk membedakannya dari pesawat sayap-tetap biasa lainnya ( Fixed Wing )


Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl.
Dibandingkan dengan pesawat sayap-tetap lainnya, helikopter lebih komplex dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan, kecepatan terbangnya tidak secepat pesawat fixed wing , memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya; helikopter mampu terbang diam di tempat ( hover ), mundur, dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. , helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun, dan mendarat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Landasan helikopter disebut helipad ,heliport juga helideck tergantung jenis operasinya dimana.
Helicopter pada  pengoperasian sipil biasanya digunakan untuk keperluan  :

Sumber : Wikipedia Indonesia.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

>> Baca juga artikel terkait :  * Bagaimana helikopter bisa terbang
                                              * Helikopter pertama di dunia
                                              * Kemajuan teknologi pesawat helikopter






No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.