Saturday, July 17, 2010

Bagaimana menjadi penumpang helikopter

Oleh : Kang Tatang

Untuk menjadi penumpang pesawat biasa atau airline ini sudah hal umum untuk jaman sekarang siapa saja bisa jadi penumpang, asal bisa beli ticket dan harganya sudah terjangkau untuk masyrakat umum.

Tetapi tidak hal nya dengan pesawat helicopter ,tidak semua orang mudah mendapat kesempatan menjadi penumpangnya karena perusahaan helicopter tidak menjual ticket untuk umum ,kalau mungkin dijual pun harganya akan jauh lebih mahal yang tidak mungkin masyarakat umum dapat dan mau membelinya.


Kebanyakan penerbangan helicopter adalah penerbangan charter, dimana misinya akan tergantung kepada kebutuhan orang atau misi perusahaan yang mencharternya, umumnya dipakai untuk kebutuhan transportasi kedaerah remute yang tidak bisa didaratin oleh pesawat biasa ,transportasi ke lepas pantai, pemotretan, air ambunace, sling load dll.


Penerbangan helicopter adalah penerbangan yang spesifik ,begitu juga menjadi penumpangnya tidak seperti menjadi penumpang pesawat biasa pada umumnya ,di pesawat helicopter tidak ada pramugari atau pramugara yang dapat melayani para penumpang, ruangan kabin helicopter umumnya lebih sempit dimana penumpang tidak bisa bebas berdiri atau berjalan seperti di pesawat biasa.

Menjadi penumpang helicopter banyak hal-hal yang harus diperhatikan dan ditaati dimulai dari sebelum naik sampai meninggalkannya tentunya untuk tujuan keselamatan selama penerbangan.
Untuk itu penumpang, pencharter helicopter harus mengetahui batasan kemampuan pesawat heli ,peraturan keselamatan penerbangan yang khusus dan mentaatinya .

Biasanya sesuai ketentuan perusahaan penerbangan ,sebelum penumpang naik ke helikopter mereka di berikan arahan khusus yaitu untuk menonton video safety briefing ,yang isinya menjelaskan bagaimana cara aman mendekati dan berada di dalam kabin helikopter ,apa saja kelengkapan alat keselamatan dalam heli ,bagaimana menghadapi situasi darurat. Bilamana diperlukan saat naik helicopter penumpang juga akan diberikan safety briefing oleh petugas khusus ( FOO ) atau oleh Pilot nya langsung , apa saja isi dari video safety briefing  lihat . disini 

Khusus untuk penumpang dengan misi offshore ( penerbangan lepas pantai ) ,selama penerbangan diharuskan memakai baju pelampung dan beberapa Oil Company mengharuskan penumpangnya mempunyai sertifikat HUET ( Helicopter Under water Escape Training ) untuk lebih jelas tentang apa itu HUET baca.. disini



Apa saja yang dimaksud dengan  “ Keselamatan Sekitar helicopterbaca lanjutannya.. disini

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.