Oleh :Kang Tatang
DEFINISI LOAD SHEET
Load Sheet adalah dokumen wajib yang
harus ada dalam setiap penerbangan, dokumen ini merupakan bentuk laporan yang
harus mendapat persetujuan dari Pilot in Command. Load Sheet berisikan informasi
berat pesawat,fuel,Crew,penumpang,bagasi dan cargo serta posisi Titik Gravitasi dari pesawat yang diperlukan Pilot dalam melakukan take-off dan landing.
Beberapa alasan mengapa Pesawat
membutuhkan Load Sheet :
- Sebuah pesawat yang dipenuhi muatan penumpang, bagasi, kargo dan bahan bakar yang berlebihan maka bisa terlalu berat untuk kerjanya mesin saat lepas landas.
- Keseimbangan pesawat sangat penting, karena penempatan lokasi penumpang, bagasi, kargo dan bahan bakar akan mempengaruhi trim pesawat.
- Roda pesawat hanya dapat mendukung sejumlah berat yang telah ditentukan saat mendarat.
- Beban yang terlalu berat pada bagian tertentu dari pesawat, dapat menyebabkan kerusakan struktur. Hal itu tidak akan langsung terlihat,tetapi melewati jangka waktu tertentu dapat memperpendek life time dari pada pesawat.
Dengan demikian dokumen Load sheet ini berkaitan langsung dengan
keamanan pesawat dan penerbangan.
Cara menghitung Weight & Balance
dalam Load Sheet :
Dapat dikerjakan dengan dua cara :
- Dengan Manual : Yaitu secara konvensional dengan mengisi data langsung diatas Form kertas ,melakukan penghitungan dan memplot hasil akhir data kedalam Chart.
- Dengan Komputer : Yaitu dengan menggunakan software menginput data pada computer Dengan menggunakan software untuk menghitung weight and balance pesawat maka akan banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan diantaranya :
- Tidak perlu lagi menghafal rumus.
- Tidak perlu menghitung dan tidak membutuhkan kalkulator
- Hanya dengan meng-input data seluruh proses akan berjalan secara otomatis.
- Informasi posisi CG dan kondisi Berat Pesawat akan dihitung dengan lebih akurat ,bila melewati batas yang ditentukan akan tampil peringatan berupa tulisan atau perubahan warna pada kolom.
- Bekerja akan lebih cepat dan mudah.
DATA-
DATA PENDUKUNG PEMBUATAN LOAD SHEET
- A/C Weighing Record : Yaitu dokumen yang berisikan informasi data Tanggal penimbangan Pesawat, berat Basic pesawat dan lokasi CG pada waktu pesawat di timbang dalam kondisi kosong, ini validasinya berlaku untuk 3 tahun.
- Flight Plan Sheet : Yaitu dokumen yang berisikan informasi data Tempat Keberangkatan/Tujuan ,Lama penerbangan ,nama Crew ,Jumlah Fuel yang dibutuhkan,Max Take Off weight pesawat,Max Pay Load ( muatan maximal yang dapat di angkut )Keterangan : Flight Plan ini dapat dilengkapi Oleh Pilot atau FOO yg ditunjuk
- Passenger / Cargo Manifest : Yaitu document yang berisikan informasi data Jumlah dan berat Penumpang /Crago dan bagasi .Keterangan : Dalam Penerbangan Helikopter petugas Ceck in Counter menimbang penumpang dan bagasi secara terpisah.
ISTILAH –ISTILAH DALAM
LOAD SHEET
Emty Weight
adalah berat kosong
dari pesawat udara termasuk equipment tetap seperti tempat
duduk,carpet,curtain.
Basic Weight
adalah berat kosong
pesawat ( empty weight ) diatas ditambah dengan berat standard equipment
seperti cabin equipment,life saving equipment,technical supply,navigation
kit,ship paper,standard oil.
Crew Weight
adalah berat crew
meliputi cockpit crew dan cabing crew serta bagasinya.
Dry Operating Weight
(DOW).
adalah berat pesawat
belum termasuk fuel yang terdiri dari basic weight,pantry weight,crew dan berat
equipment in compartment (EIC) yang mana pesawat sudah siap dioperasikan.
Zero Fuel Weight
(ZFW).
adalah berat
pesawat belum termasuk fuel yang terdiri dari dry operating weight dan traffic
load.
Take Off Weight (TOW)
adalah berat pesawat
yang teridiri dari zero fuel weight dan berat fuel ( bahan bakar /take off fuel
).Atau berat pesawat siap untuk take off.
Landing Weight ( LDW )
adalah berat pesawat
dimana pesawat siap untuk landing yaitu berat take off dikurangi fuel yang
terpakai dalam perjalanan.
Equipment In
Compartment ( EIC )
yaitu peralatan
tambahan yang diperlukan dalam suatu route penerbangan seperti security item
box.
Taxi Weight
yaitu berat pesawat
pada saat melakukan perjalanan dari apron menuju landasan pacu ( Run Way
),terdiri dari zero fuel weight dan ramp fuel/total fuel/block fuel.
Maximum Zero Fuel
Weight (MZFW)
adalah batas berat
maksimal dari suatu pesawat tanpa fuel yang ditentukan oleh pabrik pembuat
pesawat yang dibatasi oleh struktur/kekuatan sayap
Maximum Take Off
Weight (MTOW )
adalah batas berat
maksimal dari suatu pesawat pada saat melakukan tinggal landas ( take off )
yang ditentukan oleh pabrik pembuat pesawat yang dibatasi oleh
kemampuan/struktur engine.MTOW dapat dilakukan penyesuaian tergantung dari
situasi dan kondiri dari stasiun
pemberangkatan.Perubahan
tersebut kemudian disebut RTOW ( Regulated Take Off Weight ).
Maximum Landing Weight
(MLDW)
adalah batas berat
maksimum pesawat pada saat akan landing yang ditentukan oleh pabrik pembuat
pesawat dan dapat berubah sesuai kondisi stasiun tujuan ataupun kondisi pesawat
sendiri.Kemudian disebut RLDW ( Regulated Landing Weight ).
Nose Heavy
adalah suatu keadaan
dimana titik keseimbangan pesawat ( C of G ) berada pada batas depan dari batas
aman yang ditetapkan.
Tail Heavy
adalah suatu keadaan dimana titik keseimbangan pesawat ( C
of G) berada pada batas belakang dari batas aman yang ditetapkan.
Tail Tipping
adalah suatu keadaan
dimana ketika pesawat dalam posisi parkir di apron ,ekornya menyentuh
ground/apron yang umumnya di sebabkan oleh kesalahan dalam load plan atau
loading unloading.
Out of trim
adalah suatu keadaan
dimana titik keseimbangan pesawat ( C of G ) berada diluar batas aman yang
telah ditetapkan.Diperlukan perubahan/koreksi load distribution sampai C of G
berada pada batas aman.
In trim
adalah suatu keadaan
dimana titik keseimbangan pesawat ( C of G ) berada pada batas aman yang telah
ditetapkan.
Underload
adalah jumlah muatan
yang masih bisa diangkut oleh pesawat.
Overload
adalah jumlah muatan
yang melebihi batas maksimal yang bisa diangkut oleh pesawat( melebihi allowed
traffic load ).
Block Fuel/Total
Fuel/Ramp Fuel
adalah total seluruh
bahan bakar/fuel yang di muat dalam pesawat.
Take Off Fuel (TOF) /
Loadsheet Fuel
adalah jumlah bahan
bakar pada pesawat saat tinggal landas yaitu ramp fuel dikurangi taxi
fuel.
Taxi Fuel
adalah jumlah bahan
bakar yang digunakan pada saat melakukan perjalanan dari arpon menuju ke
landasan pacu ( run way )
Trip Fuel
adalah jumlah bahan
bakar yang digunakan selama dalam penerbangan dari stasiun pemberangkatan
sampai stasiun tujuan.
Rest Fuel
adalah jumlah sisa
bahan bakar yang masih di pesawat ketika tiba dan parkir di stasiun tujuan.
Payload
adalah jumlah muatan
yang diangkut oleh pesawat yang mendatangkan keuntungan kepada airline.
Traffic Load
adalah jumlah muatan
yang diangkut oleh pesawat baik yang mendatangkan keuntungan pada airline
maupun yang tidak (seperti company mail).
Standard Passenger
Body Weight
adalah berat standar
penumpang yang ditetapkan oleh airline menurut gender,umur,route
penerbangan,musim dan lain-lain dan sudah termasuk cabin baggage.
Unit Load Device ( ULD
)
adalah alat - alat yang
digunakan untuk memuat cargo,bagasi ataupun mail ke dalam pesawat ( wide body).
Estimate Zero Fuel
Weight ( EZFW )
adalah perkiraan berat
pesawat tanpa bahan bakar terdiri dari Dry Operating weight dan perkiraan berat
traffic load.
Dry Operating Index (DOI)
adalah titik keseimbangan
pesawat standard siap ope
No comments:
Post a Comment
Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.