Sunday, July 18, 2010

Pelatihan menyelamatkan diri didalam air

Oleh : Kang Tatang

Sesuai dengan peraturan perusahaan operator helicopter dan perusahaan minyak ,bahwa semua crew dan karyawan yang bekerja di offshore diharuskan mempunyai sertifikasi HUET dan Sea Survival. Sertifikat ini punya batas waktu tiga tahun, jadi setiap tiga tahun harus diperpanjang dengan mengikuti pelatihan kembali.

Apa itu  HUET  ?  mari simak dibah ini , untuk mengetahui tentang Sea Survival klik disini.
H.U.E.T adalah singkatan dari Helicopter Underwater Escape Training ,yang artinya Latihan menyelamatkan diri dari helicopter ketika berada didalam air.


Tempat dan alat pelatihan.

Sekarang ini sudah banyak perushaan yang khusus mengadakan pelatihan HUET ,diantaranya yang pernah saya ikuti yaitu PT.Samson Tiara di Merak.
Tempat latihan diadakan di kolam renang dengan sebuah modul simulasi mirip sebuah helicopter ,dengan kelengkapan kursi pilot dan kursi penumpang lengkap dengan sabuk pengamannya juga beberapa pintu darurat dengan handelnya.

Modul ini digantung dengan semacam crane yang dioperasikan dengan alat kontrol untuk menurunkan , menaikan dan membalikan modul didalam air kolam renang.




Tujuan pelatihan ini yaitu :

" Memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada Crew dan penumpang agar dapat melakukan dan menyelamatkan diri secara maksimal pada situasi keadaan darurat ketika helicopter terpaksa mendarat di air dan kemungkinan tenggelam "

Teknis pelatihan :

Salah satu contoh bagian dari latihan sebagai berikut :
Para peserta yang berperan sebagai crew dan penumpang naik kedalam modul yang tergantung diatas air dan duduk menempati kursinya masing2 dengan sabuk pengaman ( seat belt ) terpasang. Kemudian sebelum modul di celupkan kedalam air perhatikan dan ingat prosedur sebagai berikut.
  •  Pastikan dan ingat posisi pintu keluar ada sebelah mana kita.
  •  Pastikan seatbelt terkunci erat dan strap di baju pelampung tidak terjepit seatbelt, ujung sisa dari seatbelt sisipkan kebelakang biar tidak mengganggu.
  •  Lepaskan semua benda tajam seperti pena dan kacamata.
  •  Ambil brace position, posisi dimana salah satu tangan memegang erat bagian bawah kursi, badan menunduk dan tangan lainnya memeluk erat pundak tangan satunya, kepala ditundukkan sedalam mungkin. Kalau pintu keluar di kanan, tangan yg memegang kursi adalah tangan kiri dan sebaliknya, agar tangan yg memegang pundak bisa digunakan untuk membuka pintu. ( prosedur yang ini tidak berlaku untuk peran sebagai Pilot )
  •  Persiapan untuk impact
Kemudian pelatih akan memberi aba2 ..ditching..ditching..ditching.
Selanjutnya modul dicelupkan dan dibibalikan didalam air ,dalam situasi ini para peserta dilatih agar dapat keluar dari modul dengan cara yang benar.
Berikut ini langkah2 nya yang harus selalu diingat baik dalam situasi latihan ataupun dalam situasi sesungguhnya bila trpaksa harus mengalaminya :
  •  Masih dalam keadaan brace position, pastikan keadaan sudah stabil, hitung dulu 5detik sebelum berusaha keluar.
  •  Tetap berpegangan pada kursi, cari dan buka pintu atau jendela, kalau jendela gunakan siku untuk memukul dan membuka jendela
  •  Setelah terbuka, dengan tetap berpegangan di kursi, buka seatbelt dengan tangan satunya.
  •  Tetap berpegangan pada kursi, pegang pintu keluar, lepaskan kursi dan tarik badan keluar.
  •  Setelah yakin berada diluar modul, kembangkan baju pelampung dengan menarik labelnya ( hanya simulasi )
Pengalaman saya selama beberapa kali mengikuti HUET , pelatihan ini cukup mengasyikan sekaligus menegangkan dan apalagi buat peserta yang panikan karena tidak bisa berenang..ya kalau minum beberapa teguk air sih ada.. lah , belum lagi ada yang meronta-ronta maksa keluar tapi lupa melepas seat belt ,sampai seat belt nya terpaksa diputus oleh instrukturnya ..he.he ini salah satu bagian lucunya.

Tapi para peserta jangan khawatir ,baik didalam modul atau di dalam air selalu ada para instruktur yang terlatih dan selalu sigap menghadapi situasi peserta.

Lihat contoh pelatihan video HUET disini

1 comment:

  1. kalau nyebuurnya kelaut siih ok ok saja pooaak ? lhaa kalau ke tanah ya tetap saja kita jadi gembuuuk ? eperti nangka kematengan jatuuuh ? tapi gimanapun HUET memang perlu siih ! tapi biasanya le;ebihan heli ini bisa auto rotasi, tapi kalau yang problem TRH ya gak ada ampun sebab gak ada yang bisa nahaan ?

    saya sudah 15 tahun di divisi helicopter di pondok cabe dengan hampir 9 rating heli yang pernah dimiliki ! penerbang kita jago2 onshore / offshore, seismic, long line, medivac !

    ReplyDelete

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.