Saturday, July 17, 2010

Keselamatan sekitar Helikopter


Kontribusi terhadap Penerbangan yang aman.
  •  Masuk akal dalam permintaan Anda .
  •  Mendukung keputusan keselamatan dari pilot .
  •  Tahu  :
 o Bagaimana cara mendekati dan meninggalkan Helikopter.
 o Prosedure saat tinggal landas dan mendarat.
 o Lokasi dan penggunaan peralatan keselamatan dan kelangsungan hidup .
 o Prosedur saat situasi darurat .
 o Apa yang diharapkan dari Anda selama penerbangan .


Di Lapangan

 • Memakai baju sesuai cuaca bila diperlukan ( untuk musim dingin )
 • menginformasikan pilot dari :

  o berat bagasi Anda .
  o masalah medis yang berlaku .
  o kerentanan terhadap gerakan sakit .

 • Tidak merokok di dalam atau di sekitar helikopter
 • Meninggalkan helipad saat helikopter itu tiba atau berangkat
 • Pakaian Anda aman dan tutup kepala terhadap angin rotor
 • Melindungi mata terhadap debu ditiup dan partikel
 • Menunggu instruksi untuk mendekati atau meninggalkan helikopter
 • Mendekati dan meninggalkan ke sisi atau depan dalam posisi berjongkok, tidak mendekati bagian belakang helikopter
 • Jika Anda bisa , tunggu sampai rotor berhenti berputar
 • Bila helikopter parkir di tanah miring ( slope ) hidari bagian sisi yang atas dimana rotor lebih dekat ke tanah .

 • Membawa peralatan , tidak pernah melewati bahu Anda atau di atas kepala.
 • Jangan membuang barang ke atau keluar dari helikopter
 • Menempatkan kargo dengan hati-hati dan aman dari gerakan-gerakan atau bergeser.
 • Pintu bagasi kompartemen pastikan dengan benar tertutup dan terkunci.
 • Mengambil cadangan obat-obatan khusus yang Anda butuhkan dalam hal terjadi penundaan penerbangan.

Dalam Helikopter

  • Selalu mengenakan sabuk pengaman ( dan tali bahu , jika disediakan ) selama penerbangan.
  • Mengenakan baju pelampung ( khusus untuk penerbangan diatas air )
  • Menggunakan helm atau headset jika disediakan.
  • Menonaktifkan telp selular dan peralatan elektronik lainnya.

  • Tidak merokok selama penerbangan.
  • Tetap di kursi Anda kecuali diberikan izin untuk pindah.
  • Tidak mengganggu pilot saat lepas landas , atau pendaratan manoeuvring.
  • Membaca kartu petunjuk pada pengoperasian pintu , keluar darurat , dan lokasi ELT ( transmitter darurat locator ) dan peralatan darurat lainnya.

Dalam keadaan darurat

 • Ikuti petunjuk
 • Tidak mengalihkan perhatian pilot.
 • Memakai helm jika disediakan.
 • Melepas kaca mata anda dan dimasukkan ke dalam saku ( suatu saat diperlukan kemudian )
 • Memastikan posisi sabuk pengaman. :

  o Kencangkan sabuk pengaman.
  o Dengan tali bahu , mengencangkan dan duduk tegak , kedua lutut, tangan terlipat di dada .
  o Tanpa tali bahu , membungkuk ke depan sehingga dada ada di pangkuan Anda , kepala di lutut , lengan dilipat di bawah paha .


Setelah Landing Darurat

  • Menunggu instruksi untuk keluar , atau sampai berhenti rotor berputar .
  • Yang lain membantu mengevakuasi untuk menjauh dari pesawat .
  • Mengembangkan baju pelampung dan perahu karet diluar pesawat ( jika terjadi pendaratan diatas air )
  • Menyiapkan P3K dan peralatan darurat lainnya setelah ada ancaman api.
  • Mengelola pertolongan pertama jika diperlukan .
  • Menyiapkan ELT , membaca instruksi dan mengaktifkan .
  • Mendirikan kamp harus senyaman mungkin.
  • Membuat tanda yang mencolok mungkin agar mudah dilihat dari udara.
  • Tetap tinggal di dekat pesawat - jangan meniggalkan tanda tempat.


Sumber : dari Transport Canada terjemahan bebas

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.