Friday, March 22, 2013

Dua Heli Polisi Tabrakan di Jerman

Oleh : Kang Tatang
Sumber : Plasa MSN


BERLIN – Latihan rutin pengamanan sepak bola oleh Kepolisian Jerman berbuntut petaka. Kamis (21/3) dua helikopter yang terlibat dalam latihan untuk mengantisipasi aksi para hooligan di Olympic Stadium, Berlin, tabrakan. Seorang tewas dan sedikitnya lima orang lain terluka akibat insiden tersebut.


’’Salah seorang pilot dari dua helikopter yang bertabrakan tersebut tewas seketika di lokasi kejadian,’’ kata Stephan Fleischer, jubir pasukan pemadam kebakaran setempat.

Sedangkan empat di antara lima korban luka dilaporkan kritis atau luka parah sehingga harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Dia tidak menjelaskan apakah para korban luka itu adalah penumpang helikopter atau tim yang berada di stadion.

Fleischer maupun kepolisian belum bisa memberikan lebih banyak keterangan seputar kecelakaan maut kemarin. Penyebab kecelakaan di stadion yang diselimuti salju itu pun belum diketahui secara pasti. Setelah tabrakan, salah satu helikopter tergeletak dengan salah satu sisi di bagian atas.

Salah seorang saksi mata, Johannes Malinowski, bertutur bahwa latihan pengamanan itu melibatkan tiga helikopter. Tiga helikopter itu sama-sama terbang mendekat ke arah lapangan sepak bola yang tertutup salju. ’’Tabrakan terjadi secara tiba-tiba. Saya hanya melihat salju berhamburan ke atas akibat benturan keras dua heli itu,’’ paparnya.

Tabrakan itu menimbulkan ledakan yang keras. ’’Sekejap kemudian yang terlihat hanya para korban yang tergeletak di lapangan. Darah berceceran di sana-sini,’’ lanjutnya.

Konon, polisi masih melakukan identifikasi terhadap para korban. Sejauh ini, baru dipastikan bahwa korban tewas adalah pilot salah satu helikopter nahas tersebut.
Kecelakaan helikopter juga terjadi di Australia kemarin. Empat tewas setelah helikopter yang mereka tumpangi celaka di selatan Sydney, Negara Bagian New South Wales (NSW). Media menyebut bahwa heli itu jatuh di lokasi sebuah function centre ternama yang berada di atas tebing.

’’Kami belum tahu pasti jumlah penumpang helikopter carter itu,’’ ujar Sersan Dave Rose, jubir Kepolisian NSW.

Heli yang terdaftar sebagai milik Bankstown Helicopters tersebut jatuh ketika hendak mendarat di Panorama House, restoran dan function centre yang terletak di Bulli Tops, sekitar 50 kilometer dari Kota Sydney. Stasiun televisi Australian Broadcasting Corporation (ABC) melaporkan bahwa helikopter jenis Robinson R44 itu sempat menabrak pohon sebelum mendarat dengan keras di rerumputan.

Para pekerja Panorama House mengaku mendengar suara ledakan keras. Saat berlari keluar restoran, mereka melihat heli terbakar dan asap tebal mengepul. ’’Lokasi kecelakaan sudah diamankan. Saat ini masih dilakukan penyelidikan,’’ terang Rose.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.