Wednesday, June 9, 2010

Angle 0f Attack

 Angle of attack  ( sudut serang ) adalah sudut aerodinamis lihat gambar dibawah ini:

 Ini didefinisikan sebagai sudut antara airfoil chord dan arah gerak relatif terhadap udara (angin relatif resultan).  Beberapa faktor yang dapat menyebabkan angle of attack berubah.  Beberapa dikendalikan oleh pilot dan beberapa terjadi secara otomatis karena desain sistem rotor.  Pilot mampu menyesuaikan angle of attack dengan memindahkan kolektif pitch kontrol dan siklik.  Namun, bahkan ketika kontrol ini diadakan stasioner, angle of attack terus-menerus perubahan sebagai sudut bergerak keliling disk rotor.  Faktor-faktor lain yang mempengaruhi angle of attack , dimana pilot memiliki sedikit kontrol, adalah pisau mengepakkan, meregangkan pisau, dan angin kencang atau kondisi udara bergolak.  Angle of attack adalah salah satu faktor utama yang menentukan jumlah Lift dan drag yang dihasilkan oleh sebuah airfoil.

 

Angle of Incidence

Angle of Incidence ( sudut datang ) yaitu sudut pitch blade tidak sama dengan angle of attack . Angle of Incidence  adalah sudut antara garis chord blade dan bidang rotasi dari sistem rotor.  Ini adalah sudut mekanik bukan  sudut aerodinamika:
Dengan tidak adanya arus induksi dan / atau pesawat kecepatan udara, angle of Incidence dan angle of attack adalah sama.  Setiap kali angin relatif diubah oleh arus induksi atau pesawat kecepatan udara, maka angle of Incidence dan adalah berbeda dari angle of attack .

*Sumber : US Army Field Manual 1-51



No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.