Thursday, September 30, 2010

HUGHES 500 C tinggal Monumen

Oleh : Kang Tatang

Hughes 500 C adalah salah satu jenis armada Helikopter yang pernah dimiliki Pelita Air Service ,bahkan helikopter yang buatan Amerika ini pada jamannya menjadi helikopter primadona di dikalangan pencarter baikPerusahaan minyak ataupun Perusahaan kayu saat itu.

Helikopter ini beroperasi di Indonesia mulai dari tahun 1971 dan berakhir pada tahun 1988, dan hanya dimiliki oleh Pelita Air Service yang pada awal masuknya sebanyak 51 buah tersebar di daerah operasi wilayah Indonesia dengan tiga Home base di Pondok cabe , Balikpapan dan Sorong.

Sekarang helikopter ini tinggal kenangan bagi para pencarter dan tentu juga bagi para penerbangnya, photo disamping ini adalah salah satu Hughes 500 C yang mejeng diabadikan sebagai Monumen di halaman bekas kantor PT. PAS di Balikpapan , ini untuk menunjukan tanda penghargaan dimana helikopter ini telah ikut andil dalam perkembangan wilayah Kalimantan Timur khussnya , dimana pada saat itu saranan transportasi darat dan udara masih sangat terbatas karena wilayah ini masih hutan semua. Sehingga khususnya bagi Perusahaan minyak,Batu bara , Perusahaan kayu juga Pemda untuk mengangkut pekerja dan segala peralatannya maka Helikoter lah sarana yang paling tepat.

Penulis sendiri pertama kali mulai bekerja sebagai penerbang pada tahun 1976 di tugaskan di daerah Balikpapan untuk menerbangkan Helikopter ini ,sampai tahun 1988 jam terbang khusus di Hughes 500 C sebanyak 1815 jam.

Mengoperasikan Helikopter Hughes 500 C ini banyak nilai plusnya, bagi Pilot nya helikopter ini sangat lincah dan mudah dikendalikan,bagi teknisi mudah merawatnya begitu juga buat pencharter harga sewanya relativ tidak mahal saat itu.

Helikopter dengan Single pilot dan single engine ini telah melayani segala jenis operasi diseluruh wilayah indonesia namun dari data operation kebanyakan jam terbangnya untuk melayani operasi seismik di wilayah Kalimantan ,Papua dan opersi Offshore di laut Jawa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.