Wednesday, December 12, 2012

Pamerkan Helikopter Canggih, Iran Siap Mengekspor

Oleh  : Kang Tatang
Sumber : Republika.Co.id


Menteri Pertahanan Iran, Ahmad Vahidi secara resmi membuka peluncuran dua helikopter Iran sebagai produk dalam negeri Iran dalam pameran industri kedirgantaraan, Selasa (11/12) kemarin.

Dua helikopter tersebut telah diuji selama empat hari dalam Exhibition Industri Penerbangan International Iran yang ke-6. Uji coba tersebut berlangsung di pulau Kish di Teluk Persia.

Angkatan Udara Iran memamerkan dua helikopter tersebut yang terdiri dari helikopter militer semi-berat dan medium, yang bernama Panha-1 dan Panha-2, seperti dikutip situs rusia Rian.ru dari Fars News Agency (12/12).

Panha-1 mid-size adalah helikopter dengan kapasitas 14 penumpang. Sedangkan Panha-2 helikopter dengan delapan orang penumpang. Kedua helikopter tersebut mempunyai tugas utama untuk memberikan dukungan logistik bagi angkatan bersenjata Iran, dan berikutnya berfungsi sebagai pendukung misi militer.

Selain itu, dalam pameran tersebut Iran juga meluncurkan helikopter Shahriyar. Helikopter kelas menengah berseri 214ST ini telah dimodifikasi para ahli Iran sehingga dapat mengangkut hingga 20 penumpang.

Direktur Manajemen Industri Aviation Organization Iran (IAIO), Manouchehr Manteqi mengatakan Iran telah siap untuk mengekspor helikopter yang diperkenalkan di pameran tersebut. Manteqi juga menyatakan pihaknya telah mulai mendesain helikopter jenis lain yang akan dirakit tahun depan.





No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.