Sunday, May 30, 2010

BO 105 Spec


MANUFACTURE : MBB IPTN 1983/84




POWER PLANT
Power Plant
:2 (two) Roll Royce / Allison 250-C 20B (400 HP Each)
Take Off Power
:400 SHP
Max. Contingengy Power
:385 SHP
SPECIFICATIONS
Seating Capacity
:1 Cockpit + 4 Seat
Litter Capacity
:2 Each
Avarage Cruise Speed
:110 Kts
Speed with Slung Load
:40 -80 Kts
Max. Speed (VNE)
:144 Kts
Fuel Consumption
:210 Ltr/hr
Fuel Capacity
:Internal Tank : 570 Ltr
:Ferry Tank (1) : 200 Ltr
Max. Range (15'' Reserve)
:270 Nm / 501 Km
Ceiling (T/O & Landing)
:10000 ft
Ceiling (Inflight)
:17000 ft
Max. Rate of Climb
:1379 ft/min
DIMENSION
Rotor Blades
:4 Semi Rigid Hingeles
Fuselage Length
:8.81 M
Overall Length
:11.86 M
Fuselage Width
:1.58 M
Overall Height
:3.02 M
Main Rotor Diameter
:9.84 M
Tail Rotor Clearance
:1.89 M
LOADING INFORMATION
Max. Gross Weight
:2400 Kg / 5290 Lb
Empty Weight - Std
:1400 Kg / 3086 Lb
Usefuel Load - Int
:1000 Kg / 2204 Lb
Usefuel Load - Ext
:900 Kg / 6539 Lb
HELIPAD SIZE
Base
:10 x 15 Base
Remote Area
:6 x 6 M

1 comment:

  1. Helikopter BO 105 Ini adalah type helikopter kali pertama saya lihat disaat saya masih kecil, saat itu saya masih kelas 3 SD (1985). Helikopter tersbut mengangkut team dokter dari balikpapan menenuju kec. Long Apari (Pedalaman hulu sungai mahakam Kalimantan Timur) untuk menangani masyarakat disana terserang penyakit kolera waktu itu.

    Helikopter BO 105 ini dipiloti Capt. Sugeng Triono turun di kampung saya Kec. Long Iram untuk melakukan rutinitas refueling dan bermalam, hampir 3 minggu lamanya helikopter tersebut datang dan pergi.

    Semenjak itu kekaguman saya terhadap capung besi ini semakin kuat. Bahkan sempat terlintas dibenak saya suatu hari nanti saya kepingin menjadi seorang pilot helikopter. Namun apa daya seorang anak kampung hanya punya cita-cita yang sulit dicapai.

    Hampir setiap hari apabila ada helikopter lewat saya selalu menengadahkan kepala ke langit namun rasa penasaran tetap menggajal di hati saya. Pada pertengahan tahun 2000 saya bekerja di sebuah perusahaan tambang emas didaerah saya.

    Disana melihat helikopter Helicopter/Bell 412 meraung-raung melayani rutinitas perusahaan, Kebetulan saudara kandung saya juga bekerja diperusahaan yang sama sebagai supervisor departemen transport, singkatnya dia cukup dekat dengan beberapa orang pilot dari PT. NUH.

    Tanpa diduga saya bertemu kembali dengan capt. Sugeng Triono Dengan Berbekal keberanian dan dorongan yang kuat, Tanya punya Tanya dan kenal punya kenal akhirnya saya berkenalan dengan beliau. Semenjak itu saya banyak bertanya mengenai helikopter dan dunia penerbangan.

    Dengan sabar beliau meladeni rasa keingintahuan saya, darisanalah beliau memperkenalkan tentang dunia Aeromodelling pesawat dan helicopter model dengan kendali radio control, senang sekali saya rasanya mendengar sesuatu yg selama ini terpendam lama didalam pikiran saya.

    Namun ada sepintas dalam pikiran saya yang mengganjal apakah saya mampu menggeluti dunia aeromodelling??? karena saya tahu hobi ini adalah hobi yang mahal tentunya….ah..lupakan saja…dalam hati saya, karena saya tidak akan bisa membelinya….

    Ketika saya jalan-jalan ke kota balikpapan saya melihat sekelompok orang sedang menerbangkan pesawat dan helicopter model bermesin dengan kendali radio control.
    Sejak saat itu karena dorongan niat yang sangat kuat, saya mencoba mencari-cari informasi tentang DUNIA AEROMODELLING dari internet dan Berangkat dari pesawat inilah saya mencoba belajar menerbangkannya.

    Dengan tidak berbekal pengetahuan yang cukup tentang Aeromodelling, saya mencoba memulai untuk mengenal satu-persatu tools dan bagian-bagian dari helikopter model, dan mencoba memainkan Simulasi dikomputer yang saya pesan dari salah satu situs di internet.

    Meskipun belum mahir saya penasaran dengan salah satu yang bernama Helicopter, yang ada dalam benak saya adalah saya bisa memainkan kapan saja dan tidak memerlukan lahan yang sangat luas. Akhirnya saya membeli salah satu model helicopter electric RC Heli Align Trex 600e, yang walaupun belum mahir sekali, namun setiap off kerja saya mencobanya di lahan kosong belakang rumah.

    Sampai saat ini saya masih terus menggeluti aeromodelling. Bahkan rencan saya kedepan ingin membentuk sebuah club aeromodelling selain sebagai wadah menyalurkan hobby hingga mengikuti pelombaan tingkat nasional ,,,,

    Selanjutanya infoheli ini sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta hobi,…. Didunia kedirgantaraan,,,, salam hangat buat pak Tatang article info heli terbaru tetap ditunggu oleh para pecinta helicopter

    Salam hangat,

    ReplyDelete

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.