Tuesday, March 17, 2015

Kronologi Menegangkan Dua Pesawat TNI AU Tabrakan di Udara

Oleh    : Kang Tatang
Sumber :Viva.co.id




 Dua dari enam pesawat akrobatik tim Jupiter TNI AU yang sedang menggelar latihan di langit Langkawi, Malaysia, terlibat tabrakan. Kedua pesawat itupun kemudian terbakar sebelum akhirnya meluncur deras mendarat ke bumi.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama, Hadi Tjahjanto, peristiwa itu bermula saat enam pesawat jenis Wong Bee KT-1B milik TNI AU tersebut memulai latihan akrobatik sekira pukul
12.00.

Pesawat-pesawat itu sedianya dipersiapkan untuk unjuk kebolehan di depan banyak negara dalam ajang kedirgantaraan Malaysia Selasa (17/3/2015) mendatang.

Namun sekira pukul 14.00, dua di antara enam pesawat terlibat senggolan saat melakukan manuver di atas udara.

"Tak lama setelah senggolan itu, dua pesawat mengeluarkan asap di udara. Saat itu empat pilot kemudian memutuskan untuk keluar dari pesawat dengan menggunakan kursi pelontar," ujar Hadi Tjahjanto kepada VIVA.co.id, Minggu 15 Maret 2015.

Senggolan sendiri dikatakannya terjadi saat keduanya berhadapan dari dua arah. Namun tanpa disangka, dua pesawat itu kemudian mengeluarkan api dan langsung menukik ke darat.


Para pilot dilaporkan keluar hanya sepersekian detik sebelum pesawat benar-benar hancur di daratan. Setelah berhasil keluar dari pesawat, ke empat pilot akrobatik itu kemudian mengaktifkan parasut untuk selanjutnya mendarat.

"Empat pilot selamat. Saat ini keempatnya tengah berada di rumah sakit untuk dilakukan perawatan intensif. Tak ada luka berat, cuma ada sedikit saja goresan," ujar dia.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih anda telah memberikan komentarnya disini.